Monday, September 15, 2008

Information System: another name of information Technology???

Apa sih sistem informasi (SI) itu? Sama nggak ya dengan teknologi informasi (TI)?

Hm… buat orang2 yang nggak familir dengan istilah SI, mungkin akan bertanya seperti itu. Dan jawabannya tentu saja tidak

Menurut Alter (1992), seorang tokoh dibidang sistem informasi, SI adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
Dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti berikut ini : Perangkat keras (hardware), Perangkat lunak (software) atau program, Prosedur, Orang, Basis data (database), Jaringan komputer dan komunikasi.

Sedangkan TI, mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan,menyimpan,mengambil dan memanipulasi atau menampilkan data. (Alter, 1992)

jadi intinya, TI bukanlah SI, melainkan hanya salah satu komponen SI yang bersama2 dengan komponen2 lainnya saling terkait atau terpadu dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan, yaitu menyampaikan informasi dengan baik dan terarah. in the others name: TI adalah bagian dari SI.

2 comments:

Antonius Handoko said...

Postingan lw bwt tugas MIS kepanjangan, jauh dari max 10 baris, hati2 lho. Btw Ijo banget Blog lw, ke Pangandaran ditelen Nyi Blorong lho Blog lw....

Unknown said...

bahar,tau deh yang ijo2.gantian jg blog gw jd iktn ijo2,ga tau deh knp bs ngikuti lo,hehehe...
smangat ya menghadapi semester 5.btw,isi postingannya jgn panjang2,ntar ga kebca semua.