Monday, September 15, 2008

Knowledge Management (KM)

“Knowledge is the currency of the millennium, and knowledge management is the key to corporate survival”

Itulah pernyataan menarik yang gw kutip dari salah satu artikel yang membahas ttg KM. Jadi apa sih sebenarnya KM itu??

Knowledge Management (KM) dapat didefinisikan sebagai satu set (himpunan) intervensi orang, proses dan tool (teknologi) yang saling terkait untuk mendukung proses pembuatan, pembauran, penyebaran dan penerapan pengetahuan atau informasi. Oleh karena itu, KM sangat penting fungsinya bagi sebuah organisasi atau perusahaan untuk bisa mencapai kesuksesan di jaman yang sudah serba canggih dan ‘cepat’ ini.

Salah satu perusahaan international yang telah berhasil mengaplikasikan KM adalah Infosys Technologies, sebuah perusahaan pengembang software dengan pusat di Bangalore, India.
Hasilnya, setelah mengaplikasikan dan mengatur strategi2 KM dengan baik, Infosys berhasil menjaga hubungan baik dengan para customer-nya bahkan menjadi perusahaan india pertama yang masuk dan sekaligus menang dalam The Global Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) pada tahun 2005 kemarin. Sebagai informasi, MAKE adalah sebuah ajang penghargaan kelas dunia bagi perusahaan2 yang berhasil menggunakan dan mengaplikasikan konsep KM dengan sukses.(WOW…!!)

2 comments:

Asa Vania Rahayu said...

Kutipan nya bagus banget... Menunjukkan bahwa KM emang penting banget buat perkembangan perusahaan, apalagi di zaman globalisasi kaya sekarang ini... Semua emang harus di-manage, termasuk knowledge...

Rizky Purnama Indah said...

iya ni...ternyata knowledge menejemen mang penting...

mari kita terpkan di sekitar kita jg yuk...

tp jgn tuker wawasan pas lg ujian ya...

hehe..